Tetap Bugar Saat Lansia? Dimulai Sejak Dini


Foto Lansia yang Tetap Bugar

Tak diragukan lagi semua orang akan mengalami proses penuaan dan pastinya terjadi penurunan fungsi beberapa organ tertentu, sehingga aktivitas pun menjadi semakin terganggu seiring pertambahanya usia. Untuk itu, upaya menjaga kesehatan perlu dilakukan sejak dini ketika masih remaja. Yuk, mulai terapkan!

"Healthy aging atau penuaan yang sehat harus persiapkan sejak muda. Kesehatan itu harus selalu diutamakan, mungkin sekarang saat masih remaja belum terlalu terasa efeknya karna rajin berolahraga. Nanti jika sudah mulai menua baru akan terasa, jangan ditunda lagi," papar Prof. Dr. Sri Moertiningsih Adioetomo, atau akrab disapa Prof Tuning, dari Lembaga Demografis FE-UI, saat ditemui dalam acara media briefing 'Indonesia Harus Siap Hadapi Penuaan Penduduk', yang diadakan di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng Selatan, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Saat remaja, ada baiknya banyak mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, 93,6 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun belum mengonsumsi sayur dan buah-buahan seperti yang disarankan. Sementara konsumsi sayur dan buah-buahan yang disarankan adalah minimal 5 porsi per hari selama 7 hari dalam seminggu.

Selain memenuhi kebutuhan gizi dengan mengatur pola makan, remaja juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik. Data Riskesdas tahun 2007 menyatakan bahwa 48,2 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Dianjurkan aktivitas fisik yang dilakukan adalah minimal 150 menit per minggu. Tidak sekadar aktivitas biasa sehari-hari, tetapi menyediakan waktu khusus untuk ber-olahraga.

Disarankan pula sejak dini untuk mengurangi konsumsi gula, garam, gajih (lemak), dan gandum secara berlebihan. Jika memang diperlukan, remaja juga bisa mulai mengonsumsi jamu secara rutin.

"Yang tak kalah penting adalah olahraga. Olahraga adalah kunci utama bagi semua orang untuk sehat. Remaja saat ini kan masih sering malas olahraga, nanti kalau sudah tua baru berasa ada kelemahan di otot dan tulangnya karena jarang digerakkan," ujar Prof Tuning.

Jika memang ingin menikmati maupun memiliki masa tua dengan kondisi tubuh yang sehat, maka kebiasaan yang sehat juga harus rutin dilakukan sejak dini ketika masih remaja. Namun sayangnya, kondisi kehidupan khususnya di perkotaan saat ini membuat penghuninya menjadi tidak hidup sehat. Ini yang harus mendapat perhatian lebih dan segera dilakukan perubahan agar masa tua tetap sehat.

(Sumber) 

0 komentar:

Posting Komentar

Rules !

* No Spam!
* No Promo
* No Haters
* No Pornography