Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Mata


Nutrisi Penting Untuk Kesehatan MataPenelitian menunjukkan bahwa zat antioksidan dan nutrisi penting lainnya dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular. Antioksidan tertentu dapat memiliki manfaat tambahan; misalnya, vitamin A melindungi terhadap kebutaan dan vitamin C dapat berperan dalam mencegah atau mengurangi glaukoma.

Asam lemak esensial Omega-3 dapat membantu mata dalam berbagai cara, dari mengurangi gejala sindrom mata kering dan menjaga mata terhadap kerusakan makular.

Beberapa praktisi perawatan mata menyarankan asupan harian nutrisi tertentu harus lebih tinggi untuk orang yang berisiko terhadap masalah mata.

Berikut vitamin, mineral dan nutrisi lainnya telah terbukti sangat penting untuk penglihatan lebih baik dan dapat melindungi mata, seperti yang dilansir All About Vision


Beta-karoten

  • Manfaat Mata beta-karoten: Ketika diambil dalam kombinasi dengan seng, vitamin C dan E, beta-karoten dapat mengurangi perkembangan degenerasi makular.
  • Sumber makanan: Wortel, ubi jalar, bayam, kale, butternut squash.


Bioflavonoid (Flavonoid)

  • Manfaat bioflavonoid bagi mata: Dapat melindungi terhadap katarak dan degenerasi makular.
  • Sumber makanan: Teh, anggur merah, buah jeruk, bilberry, blueberry, ceri, kacang-kacangan, produk kedelai.


Lutein dan Zeaxanthin

  • Manfaat lutein dan zeaxanthin bagi mata: Dapat mencegah katarak dan degenerasi makular.
  • Sumber makanan: Bayam, kangkung, lobak, brokoli, labu, jagung.


Asam Lemak Omega-3

  • Manfaat asam lemak omega-3 bagi mata: Dapat membantu mencegah degenerasi makular (AMD) dan mata kering.
  • Sumber makanan: ikan air dingin seperti salmon, mackerel dan herring; suplemen minyak ikan, biji rami baru digiling, kenari.


Selenium

  • Manfaat Mata selenium: Ketika dikombinasikan dengan karotenoid dan vitamin C dan E, dapat mengurangi risiko AMD.
  • Sumber makanan: makanan laut (udang, kepiting, salmon, halibut), kacang Brasil, beras merah.


Vitamin A

  • Manfaat vitamin A bagi mata : Dapat melindungi terhadap rabun senja dan mata kering.
  • Sumber makanan: Daging sapi atau hati ayam; telur, mentega, susu.


Vitamin C

  • Manfaat vitamin C bagi mata: Dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular.
  • Sumber makanan: paprika manis (merah atau hijau), kangkung, stroberi, brokoli, jeruk, melon.


Vitamin D

  • Manfaat vitamin D bagi mata: Dapat mengurangi risiko degenerasi makular.
  • Sumber makanan: Salmon, sarden, makarel, susu; jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D.
Sumber terbaik vitamin D adalah paparan sinar matahari. Radiasi ultraviolet dari matahari merangsang produksi vitamin D di kulit manusia dan hanya beberapa menit dari paparan sinar matahari setiap hari (tanpa tabir surya) pastikan tubuh memproduksi vitamin D dalam jumlah yang cukup.


Vitamin E

  • Manfaat vitamin E bagi mata: Ketika dikombinasikan dengan karotenoid dan vitamin C, dapat mengurangi risiko AMD.
  • Sumber makanan: Almond, biji bunga matahari, hazelnut. walnut, alpukat, kale, dan kubis mini.


Seng

  • Mata manfaat seng bagi mata: Membantu vitamin A mengurangi risiko kebutaan senja; berperan dalam mengurangi risiko AMD, membantu menyerap dan membawa vitamin A ke mata, serta memproduksi melanin.
  • Sumber makanan: tiram, bayam, daging sapi, kepiting Dungeness, kalkun.



Pada umumnya, cara terbaik untuk mendapatkan sebagian besar nutrisi bisa melalui pola makan yang sehat, setidaknya dua porsi ikan per minggu dan banyak mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran berwarna.

Jika Anda berencana untuk memulai pola mengkonsumsi vitamin mata, pastikan untuk membicarakan hal ini dengan ahli mata atau dokter mata. Mengambil terlalu banyak suplemen untuk mata tertentu dapat menyebabkan masalah, terutama jika mengambil obat tanpa resep dokter tentu bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya.


0 komentar:

Poskan Komentar

Rules !

* No Spam!
* No Promo
* No Haters
* No Pornography